How to Know Your Skin Type?

HOW TO KNOW YOUR SKIN TYPE?

Beauties, sebelum memutuskan untuk membeli produk skin care buat kulitmu, ada hal dasar yang harus kamu ketahui terlebih dahlu. Apakah itu? TIPE KULIT. Beauties tidak mau kan sudah habis uang dan tenaga untuk beli suatu produk tapi malah tidak cocok dengan kulit kita dan akhirnya malah menimbulkan masalah kulit seperti breakout, kulit menjadi kering atau sensitif atau bahkan produk itu tidak menghasilkan efek apapun pada kulit wajah kita. Sedih kan? Karena itu, ayo kita cari tahu dulu apa jenis kulitmu bareng-bareng beauties. 

 

JENIS-JENIS KULIT WAJAH

Kulit Kering

Ciri-ciri orang dengan kulit yang satu ini biasanya wajahnya tidak kenyal, tidak elastis, keliatan kasar, pori-pori kecil, gampang mengelupas, dan garis- garis wajah terlihat. Bila disentuh, kulit kering akan terasa kasar akibat kulit yang mengelupas dan sangat terasa tidak kenyal. Penyebabnya adalah karena kadar air dalam kulit wajah kurang cenderung dehidrasi.

Perawatan dasar untuk kulit kering ini adalah seperti ini beauties

·       Cuci wajah dengan air hangat bukan dengan air panas.

·       Jangan membilas wajah terlalu kering supaya air masih ada di permukaan wajah dan bisa membantu penyerapan skin care. Cukup ditepuk saja dan jangan digosok.

·       Minum air putih yang cukup (minimal delapan gelas per hari) dan perbanyak makan sayur dan buah.

·       Wajib menggunakan unakan pelembap khusus kulit kering di siang maupun malam hari apalagi untuk beauties yang bekerja di ruangan ber-AC.

·       Gunakan juga hydrating toner sebelum memulai skin care lainnya dan akhiri dengan sunblock pada siang hari.

·       Untuk cleanser, gunakan cleanser yang lembut dan tidak mengiritasi wajah. Jangan lupa untuk eksfoliasi setiap minggu.

 

Kulit Berminyak

Yang satu ini justru kebalikan dari kulit kering karena jenis kulit ini gampang banget produksi minyak di kulit. Ciri-cirinya wajah tampak mengkilap, gampang jerawatan, terlihat banyak komedo dan pori-pori besar. Bila disentuh akan terasa permukaannya tidak rata karena jerawat ataupun komedo.  Tapi, kita bisa kok meminimalisir minyak di wajah kita dengan cara :

  • Cuci muka 2 kali sehari. Dengan air hangat bukan dengan air panas dan jangan mencuci muka terlalu sering karena akan membuat produksi minyak semakin banyak.

  • Gunain produk makeup dan skin care khusus kulit berminyak, biasanya ditandai dengan label oil free.

  • Hindari makan makanan seperti karbohidrat simpleks (nasi putih, mie, roti), lemak, gorengan dan pedas.

  • Lakukan perawatan dengan masker berbahan dasar tea tree.

  • Jangan memencet jerawat, tapi gunakan krim antibiotik atau zat aktif lainnya seperti benzoil peroksida.

  • Gunakan eksfoliator yang lembut dan tanpa granula (non granule).

 

Kulit kombinasi

Ini nih campuran dua kulit yang udah kita bahas sebelumnya. Jadi, di bagian wajahnya ada bagian kulit kering tapi ada juga bagian kulit yang berminyak. Ciri-cirinya itu di bagian T-zone (dahi dan hidung) minyaknya banyak , tapi di bagian pipi lebih cenderung kering. Makanya, dua bagian ini bisa bikin ketebalan kulit beda. Yang berminyak terjadi penebalan, yang kering malah tipis. Untuk merawatnya kita harus :

·       Menggunakan produk khusus untuk merawat kulit kombinasi karena produk seperti ini biasanya bisa mengontrol sesuai tempatnya diaplikasikan.

·       Konsumsi makan makanan bergizi, hindari junk food karena akan memperparah minyak daerah T-zone mu

·       Minum air putih dan tidur yang cukup.

Kulit normal

Nah, di antara semuanya, kulit yang satu ini emang kulit yang paling jarang masalahnya. Ciri-cirinya punya kelembapan yang seimbang, pori-pori hampir tidak kelihatan karena tidak ada yang besar-besar, tidak kusam, tidak kering dan permukaan nya licin. Tapi, punya kulit jenis ini bukan berarti kita nggak ngerawatnya lho. Kita harus tetap merawatnya dengan skin care khusus untuk kulit normal dan menjalani hidup sehat ya, beauties.

Kalau masih bingung melihat perbedaan jenis kulit wajah cuma dari ciri-cirinya, ada cara yang lebih ampuh nih. Super mudah dan bisa dilakukan di rumah. Ini langkah-langkahnya :

  1. Cuci muka pake sabun muka secara menyeluruh sebelum tidur. Hindari penggunaan produk skin care apapun.

  2. Setelah menunggu sekitar 30 menit, ambil lima lembar kertas minyak dan tempelin di dahi, pipi kanan, pipi kiri, hidung, dan dagu.

  3. Cek hasil tipe kulit :

·       Berminyak : minyak diseluruh bagian wajah yang cukup banyak.

·       Normal : ada sedikit minyak di kertas minyak.

·       Kering : tidak ada minyak diseluruh wajah.

·       Kombinasi : ada banyak minyak di daerah T-zone, tapi sedikit bahkan tidak ada di daerah pipi.  

 Gampang banget kan beauties. Nah sekarang beauties sudah mengetahui jenis kulit masing-masing, saatnya hunting skin care.