Fakta Tentang Face Oil

FAKTA TENTANG FACE OIL

Halo beauties, banyak yang berpikir kalau kita menggunakan face oil bisa bikin jerawatan dan kusam. Stgma dan anggapan seperti itu salah banget ya beauties.  Face oil punya banyak sekali manfaat bagi kesehatan kulit wajah kita. Face oil dikenal sebagai salah satu produk perawatan kulit yang bisa memberikan efek lembut, lembab, dan kenyal pada kulit. Penasaran seberapa penting face oil bagi kulit kita? Here are some reasons why we should really start using face oils from now on.

 

1. MELINDUNGI KULIT DARI RADIKAL BEBAS

Face oil jenis botanical oil seperti argan, passion fruit, dan marula memiliki kandungan antioksidan tinggi. Antioksidan ini sangat berperan penting untuk mencegah penuaan dini dan melindungi kulit dari bahaya radikal bebas sehingga kulit tampak lebih muda.

2. MEMILIKI DAYA SERAP TINGGI

Face oil ternyata memiliki daya serap tinggi yang mampu memaksimalkan manfaat produk skincareyang digunakan setelahnya. Face oil membuat beberapa kandungan dalam produk skincare lain lebih menyerap ke kulit. Hasilnya, kulit dapat terhindar dari penuaan dini. Face oil yang digunakan sebagai serum juga mampu mempercepat perbaikan kondisi kulit akibat sunburn atau jerawat.

3. MENGECILKAN PORI-PORI

Face oil seperti macadamia, jojoba, dan camellia bisa mengeluarkan kotoran sehingga membuat pori-pori mengecil. But be warned: kuncinya ada di formula face oil tersebut. Tidak semua face oil berfungsi baik untuk jenis kulit kita, jadi lebih baik konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter sebelum mencoba face oil ya!

4. MELEMBAPKAN KULIT

Kemampuan melembapkan kulit ternyata dimiliki oleh face oil lho. Tekstur minyak di dalamnya mampu bekerja lebih cepat dibanding moisturizer berjenis krim.

5. PERFECT PRIMER FOR MAKEUP

Face oil bisa digunakan sebagai primer makeup. Hal tersebut karena oils dapat dengan cepat meresap di area-area yang membutuhkan kelembapan dalam sekejap.

 

Nah, setelah tahu manfaat face oil, lalu face oil kayak apa yang cocok dengan kulit kita? The right oil, of course, depends on your skin type. Berikut penggunaan face oil yang baik untuk setiap tipe kulit wajah:

1. FOR DRY SKIN OR SENSITIVE SKIN

Jika tipe kulit kita kering, face oil bisa digunakan sebagai moisturizer. Namun kalo kita belum yakin atau belum biasa, bisa juga menggunakan face oil sebelum kita mengaplikaskan moisturizerOur skin needs both oil and water, and the moisturizer provides the latter.

2. FOR NORMAL SKIN

Buat yang punya kulit normal, step yang dilakuin nggak berbeda dengan step pada kulit kering atau sensitif. Kandungan dalam face oil yang cocok untuk normal skin adalah jojoba. Jojoba bisa menghidrasi kulit agar tetap terasa lembap dan kenyal.

3. FOR COMBINATION & OILY SKIN

Khawatir dan ngerasa nggak banget menambah minyak pada jenis ulit kita yang emang udah berminyak? Jangan salah, karena sebenarnya face oil dapat menjaga produksi minyak di wajah. Saat face oil terserap kulit, produksi minyak alami akan terkontrol dengan baik sehingga kulit akan tetap lembap.

Tapi ada syaratnya, yaitu gunakan face oil yang cocok dengan jenis kulit berminyak/kombinasi, misal face oil yang mengandung Essential Fatty Acids/EFA, juga jojoba, hazelnut, dan sesame. Inget juga untuk nggak menggunakan face oil terlalu banyak pada wajah karena akan membuat wajah semakin oily.

Gimana beauties? Udah mulai tertarik untuk menggunakan face oil sebagai bagian dari skincare kamu? Jenis atau brand face oil seperti apa yang kamu suka? Let’s us know on the comment below!