Sunblock vs. Sunscreen, Which One is Better?

Halo beauties, pasti beauties masih sering bingung kan apa sih bedanya sunblock sama sunscreen? Bukannya sama aja ya untuk menangkal sinar ultraviolet dari matahari? Atau beda?

Nah, pertanyaan ini masih sering banget kedengaran. Hal ini sangat wajar karena di antara begitu banyak dari berbagai brand tabir surya, kita harus memilih produk yang sesuai dengan kebutuhan dan kondisi kulit kita. Nah sebelum membahas perbedaannya, kita harus tahu dulu apa itu SPF.

SUN PROTECTION FACTOR

SPF merupakan singkatan dari Sun Protection Factor. SPF ini digunakan untuk memperkirakan jumlah radiasi ultraviolet yang bisa membakar kulit pada kulit yang menggunakan tabir surya.

Rumus untuk menghitung selama apa sebuah sunblock/sunscreen bekerja adalah :

“Angka SPF  x 10 menit = Waktu perlindungan dengan tabir surya”

Contohnya : SPF 15 x 10 menit = 150 menit perlindungan

ULTRAVIOLET

Sinar ultraviolet sendiri sebenarnya ada 2 yaitu ultraviolet A dan ultraviolet B. A merupakan singkatan dari Aging yang membuat kulit terlihat menua dan menyebabkan munculnya kerut pada wajah. B singkatan dari burning atau sinar UV yang dapat membakar kulit kita.

PROTECTION

Ada 2 tipe pelindung untuk wajah kita yaitu fisikal dan kimiawi.

Sunblock merupakan tipe fisikal yang mengandung bahan organic dan non organic dimana tugasnya adalah membuat barrier (lapisan) di antara kulit dan sinar matahari yang merusak kulit. Sunblock melindungi dari sinar UVB yang membakar kulit. Carilah sunblock yang mengandung octyl methoxycinnamate, octyl salicylate dan octocrylene untuk perlindungan terbaik. Orang dengan kulit sensitive lebih dianjurkan menggunakan sunblock karena zat aktifnya yang lebih tidak harmful pada wajah.

Sunscreen merupakan tipe kimiawi yang masuk ke dalam kulit dan menyerap sinar UVA sebelum mencapai dan merusak lapisan dermis kulit kita. Zinc oxide dan titanium dioxide adalah zat-zat aktif yang berfungsi memantulkan sinar UV sebelum UV mencapai epidermis (lapisan terluar dari kulit yang berfungsi sebagai lapisan pelindung).

Untuk mendapatkan perlindungan maksimal, sebaiknya pilih perlindungan broad-spectrum atau spectrum luas yaitu tabir surya yang melindungi dari sinar UVA dan UVB. Saat ini sudah banyak produk yang mengandung campuran zat aktif pada sunblock maupun sunscreen loh beauties. Jadi bisa melindungi kulit kamu secara maksimal, beauties.

CARA PEMAKAIAN

Tau gak sih beauties kalau sebenarnya bila kita menggunakan tabir surya secara berlapis, itu tidak akan menambah efek perlindungan pada kulit. Idealnya, tabir surya digunakan paling lambat setengah jam sebelum paparan sinar matahari agar dapat diserap dengan baik dulu oleh kulit kita.

Jangan lupa kalo tabir surya punya time limit. Jadi dengan rumus SPF tadi kita hitung berapa lama tabir surya melindungi kulit kita. Setengah jam sebelum waktu tersebut berakhir, sudah harus reapply lagi ya beauties. Tapi dianjurkan untuk lebih sering untuk reapply tabir surya bila kita berada di air saat main ke pantai ya. Memang kita bisa gunakan tabir surya waterproof, namun gesekan handuk bisa mengangkat produk dari kulit kita.

Nah, itu dia info tentang sunblock dan sunscreen. Cukup jelas kan bedanya? Oh ya, gak keluar rumah gak berarti gak usah pakai sunblock ya. Karena lampu di rumah kita pun mengandung sinar UV yang membuat pigmen dan keriput pada kulit kita walaupun tidak sekuat sinar matahari. So,don’t forget to stay fabulous and use your sunblock, beauties!