Apakah Sebenarnya Akne Vulgaris?

APAKAH SEBENARNYA AKNE VULGARIS?

Hello Beauties, tahu gak sih apa itu akne vulgaris? Pasti sudah sering dengar kan? Yap, that’s right. Acne adalah jerawat. Jerawat yang selalu mengganggu kita, bisa muncul di wajah, leher dan punggung.

Apa sih jerawat itu?

Jerawat (Bahasa kerennya acne vulgaris) adalah penyakit kulit yang melibatkan penyumbatan/ peradangan folikel pilosebasea (folikel rambut dan kelenjar sebesea /kelenjar minyak). Menurut dr. Albert Kligman (pakar jerawat dan keriput), tidak ada seorang pun yang terhindar dari penyakit kulit satu ini alias semua orang pasti pernah punya jerawat (it calms everyone down, rightBeliau juga mengatakan, jerawat adalah problem yang sering terjadi pada remaja. Pada umumnya, insidens timbul jerawat pada remaja adalah usia 14-17 tahun pada wanita dan 16-19 tahun pada pria.Tapi tidak berarti di luar usia tersebut tidak bisa tumbuh jerawat ya guys. Jerawat masih bisa tumbuh pada wanita usia 30-an atau bisa lebih.

 

What is the causes?

”Kenapa ya jerawat saya selalu keluar setiap menjelang mensturasi, saat menstruasi atau kadang suka-suka dia sendiri bisa datang kapan saja?”

“Kenapa ya jerawat saya mati satu tumbuh seribu?”

Pasti pertanyaan seperti itu selalu timbul di otak kita kalau lagi jerawatan, apalagi saat jerawat tiba-tiba muncul di pagi hari dan membuat kita jadi panik.

Nah beauties, penyebab jerawat itu ada banyak loh… Berikut penyebabnya :

·       Perubahan pola keratinisasi dalam folikel.

Keratinisasi adalah proses dimana sel-sel di epidermis menjadi dewasa. Keratinisasi ini biasanya berlangsung longgar, tapi berubah menjadi padat sehingga sulit terlepas dari saluran folikel.

·       Produksi sebum / minyak yang berlebihan oleh kelanjar minyak

·       Adanya bakteri  Propionibacterium acnes, Pityrosporum ovale dan Staphylococcus epidirmidis yang menyebabkan peradangan dan mengubah susunan fraksi lemak pada sebum

·       Peningkatan hormone Androgen, anabolic, kortikosteroid, gonadotropin dan ACTH yang meningkatkan produski kelenjar sebasea/ kelenjar minyak

·       Terjadinya stress psikis yang juga memicu produksi berlebih kelenjar sebasea/ kelenjar minyak

·       Penyebab lainnya : usia, ras, familial, pola makan, cuaca/musim

 

Banyak ya penyebabnya… So, kalau tidak mau jerawatan, kita harus menghindari factor penyebab tersebut. GImana caranya? Keep reading ya beauties.

 

How many type is acne? What is the signs and symptoms of acne?

Acne vulgaris ditandai dengan karakteristik noninflammatory/ tidak meradang yaitu komedo terbuka atau tertutup dan acne tipe inflamasi yaitu papul (sudah menonjol), pustula (sudah ada nanahnya), dan nodul.

Beauties sudah pada tahu donk komedo itu apa. Itu loh yang sering dipencetin. Komedo itu sebenarnya mengandung sumbatan sebum. Nah, komedo sebenarnya ada 2 yaitu komedo putih (whitehead) dan komedo hitam (blackhead).

Bedanya apa sih? Bedanya adalah komedo putih/komedo tertutup adalah komedo yang letaknya dalam dari lapisan kulit sehingga tidak mengandung melanin. Kalau komedo hitam/komedo terbuka adalah komedo yang letaknya lebih dangkal dan mengandung unsur melanin.

 

If I go to the doctor, how does the doctor make the diagnosis?

 

Kalau beauties muncul jerawat, rasanya pengen cepat-cepat dikempesin biar cepat hilang kan? Eits tapi tunggu dulu ya beauties. Ke dokter dulu yuk supaya bias diperiksa jerawatnya.

Apa saja sih yang diperiksa oleh dokter? Bu dokter akan membagi jerawat kami seperti ini

  • Jerawat komedonal: Adanya komedo terbuka dan tertutup tapi biasanya tidak ada papula atau nodul inflamasi

  • Jerawat ringan: Adanya komedo dan beberapa papulopustula

  • Jerawat sedang: Adanya komedo, papula inflamasi, dan pustula

  • Jerawat berat atau nodulokistik: Adanya komedo, lesi inflamasi, dan nodul besar berdiameter lebih dari 5 mm; jaringan parut seringkali terlihat jelas

Setelah dokter menggolongkan tipe jerawat kamu, dokter bisa menentukan pengobatan apa yang cocok untuk kamu, beauties. Ada juga pemeriksaan laboratorium nya loh seperti pemeriksaan histopatologi yaitu sebum yang sudah dikeluarkan dengan ekstraktor komedo diperiksa dibawah mikroskop untuk melihat sel radang, sel darah, jaringan mati dan zat-zat keratin yang terlepas. Ada juga pemeriksaan susunan dan kadar lemak pada permukaan kulit. Tapi pemeriksaan laboratorium seperti ini jarang banget dilakukan beauties.

 

What kind of treatment that suit my acne?

 

Ada beberapa jenis pengobatan untuk jerawat, beauties. Apa aja?

Yang pertama itu ada pengobatan secara topical yaitu pakai obat oles saja.

1.      Retinoid

Si retinoid ini berfungsi sebagai penghancur komedo dan anti peradangan pada jerawat. Retinoid ini merupakan terapi utama untuk orang yang mempunyai banyak komedo dan jerawat besar yang meradang.

Retinoid topikal yang paling sering diresepkan untuk acne vulgaris adalah adapalene, tazarotene, dan tretinoin. Cara penggunaannya  dioleskan sekali sehari pada kulit yang bersih dan kering. Tapi hati- hati ya Retinoid bisa menyebabkan iritasi kulit berupa kemerahan dan pengelupasan terutama di pemakaian awal. Tapi jangan khawatir, karena hanya berlangsung selama beberapa minggu awal aja kok. Jangan lupa untuk selalu gunakan pelembab yang non komedogenik dan sunblock ya.

 

2.      Bahan iritan yang dapat mengelupas kulit (peeling)

Contohnya ada sulphur (4-8%), asam salisilat (2-5%), asam azeleat (15-20%) dan benzoil peroxide (2,5-10%).

Benzoil peroxide ini sangat efektif untuk melawan bakteri P. acnes loh. Bisa digunakan 1-2 kali sehari pada jerawat. Tapi hati-hati penggunaannya karena bisa ada reaksi alergi pada kulit. Sebaiknya kunjungi dokter untuk melakukan tes alergi ya sebelum menggunakan si benzoil ini.

 

3.      Antibiotik topical

Antibiotik ini tugasnya adalah membunuh bakteri P. acnes dan juga sebagai anti radang. Tapi tidak dapat menghancurkan komedo dan bisa terjadi resistensi antibiotic. Antibiotik yang biasa diresepkan untuk jerawat adalah klindamisin, eritromisin dan yang terbaru yaitu dapsone dan penggunaannya bisa dikombinasikan dengan benzoil peroxide atau retinoid.

 

Ada juga terapi bedah kulit untuk memperbaiki jaringan parut atau scar akibat jerawat. Ada bedah scalpel, bedah listrik, bedah kimia dan bedah beku. Mereka ini jarang banget digunakan beauties. Paling sering adalah dermabrasi untuk meratakan scar bekas jerawat yang luas.

 

How can I prevent this acnes to come back?

Well, first you need to control your diet. Kurangi makan makanan cepat saji yang tidak sehat (junk food) seperti soft drinks, makanan dari restoran cepat saji, snack kentang. Dietnya harus rendah lemak dan rendah karbohidrat. Makanan seperti susu skim, minuman keras, makanan pedas, rokok dan minuman whey protein juga dilaporkan memperparah jerawat guys.

Then, perhatikan cara kamu membersihkan make up. Untuk para wanita, membersihkan make up tidak cukup dengan cuci muka saja loh. Harus dengan double cleansing. Maksudnya apa?

First step cleansing adalah dengan menggunakan kapas. Pertama dengan milk cleanser, lalu dengan cleansing oil disambung dengan micellar water untuk membersihkan minyak di wajah. Aman gak sih pakai cleansing oil kalua muka sudah berminyak? Aman. Justru cleansing oil yang berbahan dasar minyak akan mengikat sesama minyak di wajah kamu. Jadi minyak di wajahmu semua terangkat.

Second step in cleansing adalah cuci muka dengan facial wash yang lembut dan tidak mengiritasi kulit. Disarankan penggunaan make up dibatasi baik banyaknya maupun lamanya ya beauties.

Lalu gunakan produk-produk perawatan wajah yang non komedogenik dan memang dirancang untuk kulit acne prone / kulit berjerawat dan berminyak.Disarankan tidak menggunakan pelembab yang mengandung asam hialuronat terlalu tinggi karena bisa meningkatkan produksi sebum di wajah. Tapi tidak berarti kulit berjerawt tidak perlu pelembab ya beauties, justru kalau tidak menggunakan pelembab, wajah akan “berpikir” kalau wajah kita kering dan akhirnya mengeluarkan minyak lebih banyak lagi. So, stay Hydrated!

Oh ya, jangan lupa untuk selalu menggunakan sunblock dengan SPF minimal 30. Apalagi jika beauties sedang menggunakan obat oles / topical. Untuk muka berminyak, gunakan sunblock dengan bahan dasar gel agar tidak menyumbat pori yang bisa menyebabkan jerawat.

Lalu disarankan juga untuk cukup tidur (7-8 jam sehari), hindari stress psikis,  dan jangan lupa untuk olahraga teratur minimal 3 kali dalam seminggu supaya kulitmu tetap sehat. Kalau bisa hindari polusi debu dan hindari juga pemencetan jerawat sendiri yang tidak steril karena malah bikin acne scar baru loh di wajah kamu.

 

Okay beauties, sekaian dulu blog kali ini soal jerawat. See you in the next blog

Beauty TipsVIPPS Koreaacne, skin